KURIKULUM
2013
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
|
TEKNOLOGI & REKAYASA
Teknik Elektronika
SILABUS
TEKNIK PEMROGRAMAN
KELAS X
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : TEKNIK PEMROGRAMAN
Kelas : X
Kompetensi Inti* :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan danmenganalisapengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik
untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran*
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1.Memahami bahasa pemrograman Visual
Basic
|
3.1.1. Mengenal Lingkungan
Pengembangan Terintegrasi (Integrated
Development Enviroment-IDE) bahasa
Visual Basic.
3.1.2. Menjelaskan bagaimana
memulai menggunakan Lingkungan Pengembangan Terintegrasi (Integrated Development Enviroment-IDE)
bahasaVisual Basic
3.1.3. Memahami konsep dasar
bahasa Visual Basic
3.1.4. Memahami program aplikasi sederhana dengan bahasa
Visual Basic
|
• Lingkungan Pengembangan
Terintegrasi(Integrated Development
Enviroment-IDE) bahasaVisual Basic.
• Memulai
menggu-nakan Lingkungan
PengembanganTerintegrasi (Integrated
Development Enviroment-IDE) bahasaVisual
Basic
• Konsep dasar bahasaVisual Basic.
|
·
Inkuiri dengan pendekatan siklus belajar 5E
·
Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based
Learning-PjBL)
·
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based
Learning-PrBL)
·
Model Pembelajaran Berbasis Tugas (Task Based
Learning-TBL)
·
Model Pembelajaran Berbasis Computer (Computer Based
Learning (CBL)
|
Aspek penilaian siswa
meliputi:
·
Kognitif (pengetahuan)
·
Psikomorik (keterampilan)
·
Afektif (Sikap)
Jenis Penilaian
·
Tulis
·
Lisan (Wawancara)
·
Praktek
|
16 JP
|
·
Dasar Pemrograman Visual Basic, Hendra, ST
·
Algoritma Pemrograman 2 Menggunakan Visual Basic,
Achmad Basuki,PEN ITS Surabaya, 2006
·
Computer Programming Concepts and Visual Basic, David
I. Schneider, 1995
·
Programming in VisualBasic, The Very Beginner’s Guide,
Jim McKeown, 2010
·
The Microcontroller Programming, Julio Sanchez
Minnesota State University, Mankato, Maria P. CantonSouth Central College,
North Mankato, Minnesota, 2007
·
CLEARLY VISUAL BASIC PROGRAMMING WITH MICROSOFTVISUAL
BASIC, DIANE Z AK, 2010
·
Visual Basic for Electronics Engineering Applicatons,
Second Edition, Vincent Himpe, 2005
|
4.1. Membuat
program aplikasi sederhana dengan bahasa pemrograman Visual Basic
|
4.1.1.Membuat program
menggunakan Integrated Development Enviroment (IDE)
4.1.2. Melakukan percobaan dan menerapkan penggunaan Lingkungan
Pengembangan Terintegrasi (Integrated
Development Enviroment-IDE) bahasaVisual
Basic
4.1.3. Melakukan percobaan menggunakan konsep dasar bahasa pemrograman
bahasa visual basic
4.1.4.Merencana flow chart
untuk persiapan pemrograman
4.1.5.Membuat program sederhana dengan Visual Basic untuk divisualisasikan di
layar monitor.
|
· Flow Chart Pemrograman
· Pengenalan instruksi dalam
bahasa pemrograman dengan Visual Basic
· Pemrograman dengan Visual Basic
|
24 JP
|
|||
4.2.
Menerap-kan pro-gram aplika-si dengan
bahasa pemrograman Visual Basic
untuk keperluan input/output pada port USB/serial pada Komputer
|
4.2.1. Memahami saluran input (port input) pada computer/laptop dari
Port Serial /dan USB
4.2.2. Memahami saluran output (port output) pada Port serial/dan USB
4.2.2. Membuat program aplikasi
sederhana dengan bahasa Visual Basic
untuk keperluan input/output pada computer/laptop.
|
· Pengertian Serial Port / dan USB
· Pemrograman aplikasi pada Input/Output Komputer dengan bahasa Visual Basic
· Penerapan program aplikasi dengan bahasa Visual Basic untuk eksekusi Input/Output melalui Serial Port/USB
yang divisualisasikan dengan mengguna-kan bantuan alat deretan LED (Light
Emitting Diode)
|
·
Inkuiri dengan pendekatan siklus belajar 5E
·
Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based
Learning-PjBL)
·
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based
Learning-PrBL)
·
Model Pembelajaran Berbasis Tugas (Task Based
Learning-TBL)
Model Pembelajaran Berbasis Computer (Computer
Based Learning (CBL)
|
Aspek penilaian siswa
meliputi:
·
Kognitif (pengetahuan)
·
Psikomorik (keterampilan)
·
Afektif (Sikap)
Jenis Penilaian
·
Tulis
·
Lisan (Wawancara)
Praktek
|
36 JP
|
0 komentar:
Posting Komentar