Kamis, 20 Maret 2014

SILABUS TEKNIK PEMROGRAMAN PAKET KEAHLIAN AUDIO VIDEO KURIKULUM 2013




KURIKULUM 2013
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
TEKNOLOGI & REKAYASA
Teknik Elektronika

SILABUS
TEKNIK PEMROGRAMAN
KELAS X





 

SILABUS

Satuan Pendidikan   : SMK
Mata Pelajaran         : TEKNIK PEMROGRAMAN
Kelas                        : X
Kompetensi Inti*      :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan danmenganalisapengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1.Memahami bahasa pemrograman Visual Basic
3.1.1.   Mengenal Lingkungan Pengembangan Terintegrasi (Integrated Development  Enviroment-IDE) bahasa Visual Basic.
3.1.2. Menjelaskan bagaimana memulai menggunakan Lingkungan Pengembangan Terintegrasi (Integrated Development Enviroment-IDE) bahasaVisual Basic
3.1.3. Memahami konsep dasar bahasa Visual Basic
3.1.4. Memahami  program aplikasi sederhana dengan bahasa Visual Basic
   Lingkungan Pengembangan Terintegrasi(Integrated Development Enviroment-IDE) bahasaVisual Basic.
   Memulai menggu-nakan  Lingkungan PengembanganTerintegrasi (Integrated Development Enviroment-IDE) bahasaVisual Basic
   Konsep dasar bahasaVisual Basic.
·         Inkuiri dengan pendekatan siklus belajar 5E
·         Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning-PjBL)
·         Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning-PrBL)
·         Model Pembelajaran Berbasis Tugas (Task Based Learning-TBL)
·         Model Pembelajaran Berbasis Computer (Computer Based Learning (CBL)
Aspek penilaian siswa meliputi:
·         Kognitif (pengetahuan)
·         Psikomorik (keterampilan)
·         Afektif (Sikap)
Jenis Penilaian
·         Tulis
·         Lisan (Wawancara)
·         Praktek
16 JP


·         Dasar Pemrograman Visual Basic, Hendra, ST
·         Algoritma Pemrograman 2 Menggunakan Visual Basic, Achmad Basuki,PEN ITS Surabaya, 2006
·         Computer Programming Concepts and Visual Basic, David I. Schneider, 1995
·         Programming in VisualBasic, The Very Beginner’s Guide, Jim McKeown, 2010
·         The Microcontroller Programming, Julio Sanchez Minnesota State University, Mankato, Maria P. CantonSouth Central College, North Mankato, Minnesota, 2007
·         CLEARLY VISUAL BASIC PROGRAMMING WITH MICROSOFTVISUAL BASIC, DIANE Z AK, 2010
·         Visual Basic for Electronics Engineering Applicatons, Second Edition, Vincent Himpe, 2005
4.1. Membuat program aplikasi sederhana dengan bahasa pemrograman Visual Basic
4.1.1.Membuat  program menggunakan Integrated Development Enviroment (IDE)
4.1.2. Melakukan percobaan dan menerapkan penggunaan Lingkungan Pengembangan Terintegrasi (Integrated Development Enviroment-IDE) bahasaVisual Basic
4.1.3. Melakukan percobaan menggunakan konsep dasar bahasa pemrograman bahasa visual basic
4.1.4.Merencana  flow chart untuk persiapan pemrograman
4.1.5.Membuat program sederhana dengan Visual Basic untuk divisualisasikan di layar monitor.



·     Flow Chart Pemrograman

·   Pengenalan instruksi dalam bahasa pemrograman dengan Visual Basic

·  Pemrograman dengan Visual Basic



24 JP
4.2. Menerap-kan  pro-gram aplika-si dengan bahasa pemrograman Visual Basic untuk keperluan input/output pada port USB/serial pada Komputer
4.2.1. Memahami saluran input (port input) pada computer/laptop dari Port Serial /dan USB
4.2.2. Memahami saluran output (port output) pada Port serial/dan USB
4.2.2. Membuat  program aplikasi sederhana dengan bahasa Visual Basic untuk keperluan input/output pada computer/laptop.
·   Pengertian Serial Port / dan USB
·   Pemrograman aplikasi pada Input/Output Komputer dengan bahasa Visual Basic
·   Penerapan program aplikasi dengan bahasa Visual Basic untuk eksekusi Input/Output melalui Serial Port/USB yang divisualisasikan dengan mengguna-kan bantuan alat deretan LED (Light Emitting Diode)
·         Inkuiri dengan pendekatan siklus belajar 5E
·         Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning-PjBL)
·         Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning-PrBL)
·         Model Pembelajaran Berbasis Tugas (Task Based Learning-TBL)
Model Pembelajaran Berbasis Computer (Computer Based Learning (CBL)
Aspek penilaian siswa meliputi:
·         Kognitif (pengetahuan)
·         Psikomorik (keterampilan)
·         Afektif (Sikap)
Jenis Penilaian
·         Tulis
·         Lisan (Wawancara)
Praktek
36 JP


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review