TEKNOLOGI & REKAYASA
Teknik Elektronika
SILABUS
TEKNIK MIKROPROSESOR
KELAS X
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : TEKNIK MIKROPROSESSOR
Kelas : X
Kompetensi
Inti* :
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan dan
menganalisa pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1.Memahami perkembanganrevolusi sirkuit terpadudan mikroprosesor (teknologi
semikonduktor)
|
3.1.1. Menjelaskan perkembangan revolusi sirkuit
terpadudan mikroprosesor (teknologi semikonduktor).
3.1.2. Memahami perkembangan evolusi teknologi
mikroprosesor
|
• Perkembanganrevolusi
sirkuit terpadudan mikroprosesor (teknologi semikonduktor).
• Perkembangan
evolusi teknologi mikroprosesor
|
·
Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning-PjBL)
·
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning-PrBL)
·
Model Pembelajaran Berbasis Tugas (Task Based Learning-TBL)
·
Model Pembelajaran Berbasis Computer (Computer Based Learning (CBL)
|
A. Aspek penilaian siswa
meliputi:
·
Kognitif (pengetahuan)
·
Psikomorik (keterampilan)
·
Afektif (Sikap)
B. Jenis Penilaian
·
Tulis
·
Lisan (Wawancara)
|
4 JP
|
·
Microprocessor ArchitectureFROM SIMPLE PIPELINES TO
CHIPMULTIPROCESSORSJean-Loup Baer, 2010
·
Understanding 8085/8086 Microprocessor and Peripheral IC′s Through Questions and
Answers (Second Editions), S.K. Sen, 2010, Visit us at www.newagepublishers.com
·
Analog Interfacing to Embedded Microprocessor Systems,
Stuart R. Ball, 2004
·
Microprocessor DesignA Practical Guide from Design Planningto
Manufacturing, Grant McFarland, 2006
·
Microprocessor Design Principles and Practices With VHDL, Enoch O.
Hwang, 2004
|
4.1.Menjelaskan perkembangan mikroprosesor
|
4.1.1. Menjelaskan perkembangan mikroprosesor dan
interprestasi data hasil pengukuran
4.1.2. Menjelaskan perbedaan spesifikasi
Mikroprosessor
|
|
4 JP
|
|||
3.2. Menerapkan
macam-macam komponen sistem mikroprosesor
|
3.2.1. Memahami macam-macam komponen sistem
mikroprosesor
3.2.2. Merencanakan sistem mikroprosesor meliputi bus,
memory map dan address decoder, memori, pheriperal
input-output.
3.2.3. Mendesain sirkuit diubah menjadi tata letak
komponen
|
• Macam-macam
komponen sistem mikroprosesor
• Rencana
sistem mikroprosesor meliputi bus, memory
map dan address decoder, memori,
pheriperal input-output.
• Mendesain
sirkuitdiubah menjaditata letak komponen
|
4 JP
8 JP
|
|||
4.2. Melakukan
eksperimen sistem mikroprosesor
|
4.2.1. Melakukan eksperimen sistem mikroprosesor
dan interprestasi data hasil pengukuran
4.2.2. Melakukan eksperimen sistem mikroprosesor
meliputi bus, memory map dan adress decoder, memori, pheriperal input-output
serta interprestasi data hasil pengukuran
4.2.3. Membuat diagram rangkaian (sirkuit) menjadi
tata letak komponen
|
|
|
|||
3.3. Menyajikan
instruksi bahasa
assembly mikroprosesor
|
3.3.1. Memahami instruksi bahasa assembly.
3.3.2. Memahami urutan penggunaan instruksi
bahasa assembly.
|
• Instruksi bahasa assembly.
|
8 JP
|
|||
4.3.Menerapkan instruksi bahasa assembly.
|
4.3.1. Melakukan eksperimen untuk membuktikan
penggunaan masing-masing instruksi bahasa assembly.
4.3.2. Melakukan eksperimen dengan menggunakan
instruksi bahasa assembly dan mengaplikasikannya kedalam suatu kasus
keteknikan.
|
|
8JP
|
|||
4.3 Mengkon-sepkan algoritma dan dia-gram alir pemrogra-man
|
3.4.1. Memahami pengertian symbol-algoritma dan
mengaplikasikan kedalam bentuk instruksi pemrograman
3.4.2. Memahami diagram alir pemrograman
|
• Simbol
symbol algoritma pemrograman
• Pengertian
diagram alir pemrograman
|
4 JP
|
|||
4.4. Menerap-kan algorit-ma pemro-graman dan diagram alir pemrogra-man
|
4.4.1. Merencanakan (mengkonsepkan) algoritma dan
mendiagramkan diagram alir secara manual
4.4.2. Merencanakan (mengkonsepkan) algoritma
dan mendiagramkan diagram alir
menggunakan bantuan perangkat lunak
|
|
4 JP
|
|||
3.5. Menerapkan pemrograman input-output analog digital
|
3.5.1. Memahami pemrograman input-output analog
3.5.2. Memahami pemrograman input-output digital
|
• Pemrograman
input-output analog
• Pemrograman
input-output digital
|
16 JP
|
|||
4.5. Membuat pemrogra-man mikro-prose sor input-output analog digital
|
4.5.1. Membuat program input-output analog dengan menggunakan perangkat lunak dan
interprestasi data hasil pemrograman
4.5.2. Membuat program input-output digital dengan menggunakan perangkat lunak dan
interprestasi data hasil pemrograman
|
|
16 JP
|
0 komentar:
Posting Komentar