Kamis, 20 Maret 2014

SILABUS MICROPROCESSOR PAKET KEAHLIAN AUDIO VIDEO KURIKULUM 2013



TEKNOLOGI & REKAYASA
Teknik Elektronika

SILABUS
TEKNIK MIKROPROSESOR
KELAS X





 

SILABUS

Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran        : TEKNIK MIKROPROSESSOR
Kelas                        : X
Kompetensi Inti*    :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisa pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1.Memahami perkembanganrevolusi sirkuit terpadudan mikroprosesor (teknologi semikonduktor)
3.1.1.    Menjelaskan perkembangan revolusi sirkuit terpadudan mikroprosesor (teknologi semikonduktor).
3.1.2.  Memahami perkembangan evolusi teknologi mikroprosesor
        Perkembanganrevolusi sirkuit terpadudan mikroprosesor (teknologi semikonduktor).
   Perkembangan evolusi teknologi mikroprosesor
·         Inkuiri dengan pendekatan siklus belajar 5E
·         Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning-PjBL)
·         Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning-PrBL)
·         Model Pembelajaran Berbasis Tugas (Task Based Learning-TBL)
·         Model Pembelajaran Berbasis Computer (Computer Based Learning (CBL)











































A.    Aspek penilaian siswa meliputi:
·         Kognitif (pengetahuan)
·         Psikomorik (keterampilan)
·         Afektif (Sikap)
B.    Jenis Penilaian
·         Tulis
·         Lisan (Wawancara)

































































4 JP
·         Microprocessor ArchitectureFROM SIMPLE PIPELINES TO CHIPMULTIPROCESSORSJean-Loup Baer, 2010
·         Understanding 8085/8086 Microprocessor and Peripheral ICs Through Questions and Answers (Second Editions), S.K. Sen, 2010, Visit us at www.newagepublishers.com
·         Analog Interfacing to Embedded Microprocessor Systems, Stuart R. Ball, 2004
·         Microprocessor DesignA Practical Guide from Design Planningto Manufacturing, Grant McFarland, 2006

·         Microprocessor Design Principles and Practices With VHDL, Enoch O. Hwang, 2004
4.1.Menjelaskan perkembangan mikroprosesor
4.1.1.  Menjelaskan perkembangan mikroprosesor dan interprestasi data hasil pengukuran
4.1.2.  Menjelaskan perbedaan spesifikasi Mikroprosessor

4 JP
3.2. Menerapkan macam-macam komponen sistem mikroprosesor
3.2.1.  Memahami macam-macam komponen sistem mikroprosesor
3.2.2. Merencanakan sistem mikroprosesor meliputi bus, memory map dan address decoder, memori, pheriperal input-output.
3.2.3.  Mendesain sirkuit diubah menjadi tata letak komponen
   Macam-macam komponen sistem mikroprosesor
   Rencana sistem mikroprosesor meliputi bus, memory map dan address decoder, memori, pheriperal input-output.
   Mendesain sirkuitdiubah menjaditata letak komponen
4 JP










8 JP
4.2. Melakukan eksperimen sistem mikroprosesor
4.2.1.  Melakukan eksperimen sistem mikroprosesor dan interprestasi data hasil pengukuran
4.2.2.  Melakukan eksperimen sistem mikroprosesor meliputi bus, memory map dan adress decoder, memori, pheriperal input-output serta interprestasi data hasil pengukuran
4.2.3.  Membuat diagram rangkaian (sirkuit) menjadi tata letak komponen



3.3. Menyajikan instruksi bahasa assembly mikroprosesor



3.3.1.  Memahami instruksi bahasa assembly.
3.3.2.    Memahami urutan penggunaan instruksi bahasa assembly.



   Instruksi bahasa assembly.

8 JP
4.3.Menerapkan instruksi bahasa assembly.
4.3.1.  Melakukan eksperimen untuk membuktikan penggunaan masing-masing instruksi bahasa assembly.

4.3.2.     Melakukan eksperimen dengan menggunakan instruksi bahasa assembly dan mengaplikasikannya kedalam suatu kasus keteknikan.


8JP
4.3 Mengkon-sepkan algoritma dan dia-gram alir pemrogra-man
3.4.1.  Memahami pengertian symbol-algoritma dan mengaplikasikan kedalam bentuk instruksi pemrograman
3.4.2.  Memahami diagram alir pemrograman
   Simbol symbol algoritma pemrograman
   Pengertian diagram alir pemrograman
4 JP
4.4. Menerap-kan algorit-ma pemro-graman dan diagram alir pemrogra-man
4.4.1. Merencanakan (mengkonsepkan) algoritma dan mendiagramkan diagram alir secara manual
4.4.2.     Merencanakan (mengkonsepkan) algoritma dan mendiagramkan diagram alir  menggunakan bantuan perangkat lunak

4 JP
3.5. Menerapkan pemrograman input-output analog digital
3.5.1.  Memahami pemrograman input-output analog
3.5.2.  Memahami pemrograman input-output digital
   Pemrograman input-output analog
   Pemrograman input-output  digital
16 JP



4.5. Membuat pemrogra-man mikro-prose sor input-output analog digital
4.5.1.  Membuat program input-output  analog  dengan menggunakan perangkat lunak dan interprestasi data hasil pemrograman
4.5.2.  Membuat program input-output  digital  dengan menggunakan perangkat lunak dan interprestasi data hasil pemrograman

16 JP

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review